jawaban sid


JAWABAN SID
1.        Sebutkan dan jelaskan enam alasan mengapa sisitem informasi sangat penting bagi kegiatan dakwah!
Pentingnya sistem informasi yaitu untuk:
a.       Pengambil keputusan. Maksudnya ketika informasi sudah kita himpun maka barulah diambil keputusan mana yang mesti disampaikan dan mana yang tidak mesti disampaikan.
b.      Penyusunan perencanaan. Maksudnya ketika kita akan melakukan dakwah maka perlu perencanaan yang matang sehingga dakwah yang kita lakukan itu akan sesuai dengan yang kita harapkan. Ketika dakwah tidak ada perencanaan terlebih dahulu maka kemungkinan dakwah yang dilakukan itu tidak akan berhasil.
c.       Pengawasan. Maksudnya ketika akan melakukan dakwah maka kita melakukan pengawasan, karakteristik mad’unya itu seperti apa dan apakah mad’u itu mendengarkan apa yang kita sampaikan.
d.      Evaluasi. Dalam kegiatan dakwah maka perlu adanya evaluasi. Apakah ada perubahan atau tidak. Katika tidak ada perubahan maka proses dakwah harus dilakukan dengan lebih baik lagi dan jika ada perubahan menjadi lebih baik maka teruslah pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi dakwah itu.
e.       Perumusan kebijakan. Maksudnya ketika kita berdakwah dan tidak ada perubahan sama sekali maka kita harus merumuskan kebijakan-kebijakan terhadap si mad’u. Jangan sampai kita kesal dan tidak mau berdakwah lagi ketika melihat si mad’u tidak ada perubahan. Maka disinilah perlunya kebijakan untuk rahmatan lil alamin.
f.       Sangat memerlukan data dan informasi sebagai pendukung. Jadi sistem informasi itu memerlukan data dan informasi tentang apa yang akan di dakwahkan, memerlukan data dan informasi tentang mad’unya itu seperti apa supaya dakwahnya itu lancar dan tepat sasaran.

2.        Apa yang dimaskud dengan sistem informasi? Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan oleh sistem informasi?
·         Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik. Komponen yang dimaksud adalah komponen input, model, output, teknologi, basis data (data base), kontrol atau komponen pengendali.
·         Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
·         Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.[1]
·         Sistem Informasi adalah Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu; kebanyakan SI dikomputerisasi.

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang tujuannya menghasilkan informasi. Sebagai suatu sistem, untuk dapat memahami sistem informasi, akan lebih baik jika konsep dari sistem itu dipahami terlebih dahulu. Demikan juga sebagai sistem penghasil informasi, maka konsepinformasi perlu dipahami terlebih dahulu.[2]
Sistem informasi didefinisikan sebagai kumpulan dari sub-sub sistem yang saling berkaitan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis  untuk mencapai suatu tujuan yaitu mengolah data dan menjadi informasi yang berguna.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan sistem informasi, diantaranya yaitu:
a.         Mengolah data menjadi informasi yang berguna
b.         Mengolah data sehingga memiliki arti dan dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan.
c.         Memberikan informasi yang baru, akurat, dan bermanfaat bagi penerimanya
d.        Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar, dan dengan kecepatan tinggi
e.         Menyediakan komunikasi dalam/ antar organisasi
f.          Menyimpan informasi yang mudah diakses
g.         Menyajikan informasi dengan jelas
h.         Mengotomatisasi proses yang tadinya dikerjakan manual
i.           Mempercepat pengetikan dan editing
j.           Mengelola gangguan-gangguan
k.         Mengendalikan organisasi
l.           Mengendalikan dokumentasi
m.       Mengendalikan kerusakan perangkat keras
n.         Mengendalikan keamanan fisik
o.         Mengendalikan keamanan data[3]

3.                  Apa dampak internet tehadap dakwah?
Internet, sebagai suatu infrastruktur awalnya adalah infrastruktur telekomunikasi yang dikembangkan oleh para empu teknologi komputer dan telekomunikasi dari ruang dan garasi riset di Amerika Serikat di sekitar akhir dasawarsa 60-an. Kemudian, Dephankam AS melalui program ARPA mendanai pengembangan lebih lanjut riset-riset tersebut sebagai suatu alternatif sistem telekomunikasi untuk mengantisipasi serangan nuklir. Ya, Internet pada akhirnya adalah produk teknologi perang dingin yang kemudian (kembali) dielobrasi lebih jauh untuk kepentingan sipil. Peranannya yang semakin signifikan kemudian tidak menjadikannya sebagai sarana telkomunikasi saja. Namun berkembang lebih jauh untuk memenuhi dan menciptakan berbagai kebutuhan masyarakat modern mulai dari pengiriman surat elektronik, forum diskusi, media online, sarana jual beli dan juga sarana untuk menampilkan semangat spiritualisme.

Internet sebagai media dakwah
Representasi dakwah di Internet semakin terakomodir dengan semakin berkembangnya teknologi multimedia melalui World Wide Web (WWW). Sebenarnya, perkembangan teknologi internet yang web enable inilah yang banyak menyokong popularitas Internet sejak awal tahun 90-an yang lalu. Dengan teknologi WWW ini penampilan informasi dan pengetahuan dapat dirancang dalam berbagai format multimedia yang lebih atraktif dan menarik. Tidak cuma teks, namun gambar, suara dan videopun sudah bisa ditampilkan diweb. Tidak Cuma informasi yang pasif namun streaming audio dan video pun sudah bisa dilakukan dengan adanya integrasi teknologi penyiaran radio melalui medium Internet. Sebagai contoh, Radio Al Islam Mesir sudah melakukan streaming audio Al Qur’an dimana suara orang mengaji akan terdengar 24 jam penuh sepanajng hari setiap kali kita mengklik ke ayat yang ingin kita dengarkan (Lihat juga http://www.myquran.com/alquran). Islamicity.com dan islamonline.net menyediakan wawancara eksklusif secara berkala dengan ulama-ulama dan pakar Islam Internasional seperti DR. Yusuf Qaradhawi, John L. Esposito, dan ulama serta pakar Islam lainnya baik untuk menyatakan fatwa maupun untuk menyatakan pendapat keilmuan mengenai suatu masalah. Tidak jarang dilakukan juga obrolan real time (chatting) dengan para pakar dan ulama ini untuk menyikapi berbagai masalah yang muncul di dunia Islam. Tragedi 911 WTC dan serangan AS ke Afghanistan yang baru lalu merupakan contoh topik yang banyak dibincangkan di situs-situs Islam. Tidak jarang munculnya situs-situs Islam ini membuat gerah pemerintah AS. Contohnya, situs azzam.com yang sangat vokal sempat disweeping dan kemudian dituduh oleh AS sebagai situs propaganda Usamah Bin Laden. Di Texas AS suatu perusahaan web hosting (tempat menyewakan ruang server untuk publikasi di Internet) digrebek dan dibredel FBI karena menyediakan tempat untuk sekitar 200 situs Islam yang dituduh berkaitan dengan jaringan terorisme internasional.
Di Indonesia situs-situs Islam mulai marak sekitar awal tahun 1999. Situs myquran.com, al-islam.or.id, laskarjihad.or.id , kisdi.or.id, pesantrenvirtual.com, iiman.co.id, hidayatullah.com, republika.co.id dan banyak lagi yang lainnya mulai menyemarakkan Internet dengan berbagai format sajian. Perkembangannya kemudian semakin pesat di tahun 2000-an dengan masuknya berbagai investasi asing di Indonesia yang berhubungan dengan Internet. Format penampilan pun berbeda-beda bahkan semakin tersegmentasi sesuai dengan kebutuhan yang ada di masyarakat. Myquran.com menampilkan situs komunitas kolaboratif dimana pengunjung situs dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada seperti Al Qur’an online, direktori situs islam, forum diskusi, chatroom, berita serta artikel dan berbagai sarana interaktif lainnya yang disumbangkan oleh para pengunjung dan anggotanya. Sasarannya adalah pemakai internet usia 17 sampai 35 tahun yang merupakan segmen pemakai Internet terbesar dewsa ini. Situs pesantrenvirtual.com yang dikelola oleh para santri virtual bimbingan KH. Mustopha Bisri merupakan contoh lain situs Islam yang menyajikan berbagai hasil konsultasi virtual dengan Pengelola Pesantren. Situs ini awalnya merupakan komunitas milis yang kemudian di-online-kan menjadi situs. PadhangMbulan.com merupakan contoh lain situs yang lahir dari komunitas milis yang dikelola oleh Budayawan Emha Aiunun Najib. Cybernasyid.com menyediakan berbagai informasi dan perkembangan nasyid yang mengejutkan dunia seni suara di tanah air. Moslemworld.co.id merupakan contoh situs Islam yang mendapat dukungan dana dari moslemworld.com dari Brunei Darussalam yang menyajikan berbagai referensi dan informasi Islam terkini. Demikian juga pesantren.net, tazkia.com, ukhuwah.or.id, eramuslim.com, pesantren-online.com, islamlib.com, cybernasyid.com, indohalal.com dan banyak lagi yang lainnya yang merupakan representasi dakwah islamiyah baik langsung maupun tidak langsung di Internet. Ini baru menyebutkan beberapa situs Islam saja. Perkembangan yang lebih pesat sebenarnya terjadi di komunitas milis islam yang jumlahnya sekarang ini mencapai ribuan milis Islam dari Indonesia. Kecenderungan yang demikian tentunya menggembirakan bagi dunia Islam.

Agar Umat Tidak Menjadi Buih
Sebagai produk teknologi, Internet bisa dikatakan tidak bebas nilai karena eknologi pada dasarnya dibuat untuk membantu memecahkan masalah dan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Namun, dari sisi pemakai, baik atau buruk suatu alat sebagai produk teknologi pada akhirnya tergantung pada bagaimana kita menggunakannya dan bagaimana kita melihatnya. Pada akhirnya nilai positif atau negatif produk teknologi akan ditentukan oleh niat dan motivasi yang akan menjadi penentu apakah suatu alat akan menjadi bermanfaat atau mudharat. Disini, diperlukan pendekatan yang terbaik untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai suatu produk teknologi dalam hal ini adalah internet. Utamanya adalah komunitas-komunitas muslim tradisional yang menjadi center of influence masyarakat muslim Indonesia selama beradab-abad. Sejak jaman para wali sampai zaman sekarang ini peran komunitas tradisional dan figur tradisional yang kharismatis sangat signifikan bagi masyarakat Indonesia.
Untuk mengurangi dampak negatif solusi bisa didekati baik secara teknis maupun non teknis. Solusi teknis seperti menggunakan software netnanny, security etc, folterisasi dll. Namun solusi teknis sangat terbatas dan parsial. Perlu pemantauan dan updating yang terus menerus. Dengan pertumbuhan content dan teknologi Internet yang pesat, solusi teknis sebaiknya menjadi suatu pagar yang tujuannya adalah meminimalkan “upaya”.
Solusi alternatif lain yang bisa lebih menyeluruh adalah dengan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai apa itu Internet secara tuntas dan tidak sepotong-sepotong. Sosialisasi kepada masyarakat dalam hal ini sangat berperanan. Tujuannya adalah mengeliminir “keinginan” atau niat buruk dan meningkatkan motivasi positif untuk memanfaatkan Internet. Media massa perlu menggambarkan Internet dengan tuntas bukannya secara parsial mengeksploitasi dari satu sisi. Demikian juga para edukator baik guru, dai maupun ulama perlu lebih terbuka dan tuntas dalam memahami perkembangan teknologi informasi dalam kontek perkembangan zaman dan perkembangan umat untuk mengantisipasi berbagai tantangan yang semakin berat. Para ulama perlu menyikapi perkembangan zaman dalam konteks kekinian bukan menghambat dan menyumbat berbagai perkembangan dalam lamunan masa lalu. Dengan melibatkan berbagai pihak baik pelaku bisnis, pemerintah, organisasi masyarakat Islam, Komunitas tradisional pendidikan Islam, Internet sebagai suatu produk perkembangan zaman bisa disiasati dengan lebih positif dengan tindakan yang lebih produktif untuk meningkatkan kompetitifitas umat.
Tentu saja masalah Internet dengan isu kesenjangan dijital yang diwakili oleh aksesabilitas internet bagi masyarakat cuma masalah kecil dibandingkan masalah-masalah lain yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia. Namun, tentunya hal ini tidak menjadikan kita lalai atas perkembangan dan dampaknya yang terjadi diwaktu mendatang. Bagi Umat Islam khususnya, perkembangan teknologi perlu disikapi lebih arif dan smart. Radio, televisi dan sederetan budaya pop barangkali bisa menjadi petunjuk bagaimana suatu perkembangan teknologi dan budaya pada akhirnya berkembang dan susah dibendung hanya karena kita lalai dalam menyikapi implikasinya. Mungkin setengah abad yang lalu kita tidak pernah mengira dampak yang ditimbulkan oleh mereka. Namun, sebagai suatu komunitas umat yang berkembang sesuai zaman, antisipasi teknologi internet tentunya mesti bisa diadopsi dengan lebih positif. Jadi bukan cuma sekedar waspada dan rasa takut yang dibangun, namun kearifanlah yang diperlukan. Kalau tidak, kita Umat Islam akan semakin menjadi buih-buih kecil di ganasnya gelombang perubahan peradaban Umat Manusia.[4]
Banyak sekali dampak internet terhadap dakwah yang bisa kita rasakan. Selain kita dapat dengan mudah mengakses materi-materi dakwah, pesannya dapat tersampaikan dengan cepat, namun  internet juga bisa membingungkan diantaranya banyak situs-situs internet tidak dilabeli berkaitan dengan perspektif islamnya, situs-situs itu mungkin membingungkan pembaca dan penjelajah biasa. 
4.                  Dakwah virtual  adalah dakwah melalui dunia maya atau sering disebut dengan internet (dakwah online).
Sampaikanlah, walau hanya satu ayat.” Demikian sabda Nabi Muhammad SAW yang menginspirasi umat Islam untuk berdakwah dan berbagi pengetahuan bagi sesama, kapan pun dan dimana pun. Dunia maya alias internet kini jadi salah satu mediumnya.
Di masa Rasullulah, hingga wafatnya pada tahun 632 M, dakwah dilakukan secara lisan. Baru pada tahun 644 M ketika Islam dipimpin Uthman bin Affan, sahabat Rasulullah dan khalifah ketiga, dakwah mulai dilakukan secara tertulis. Pada saat itu Al-Qur’an sebagai kita suci Islam mulai dibukukan, digandakan dan disebarluaskan ke imperium-imperium Islam di penjuru dunia.
Semangat ini, berdakwah meski hanya satu ayat, merupakan bentuk “tanggung jawab moril” yang mengakar kuat di umat Islam. Segala daya dan upaya dikerahkan untuk melakukannya. Kini, selang beratus tahun kemudian, dakwah telah menggunakan medium bit, binary dan digital. Dakwah dalam bentuk tulisan di buku mendapatkan komplementer berupa text dan hypertext di media internet.
Meskipun masih relatif sedikit, pengguna internet sebagai media dakwah di kalangan umat Islam di Indonesia terus bertambah. Total jumlah pengguna Internet di Indonesia saja terhitung baru sekitar dua persen dari total penduduk Indonesia. Tetapi semangat berdakwah “walau hanya satu ayat” menyemangati para pelaku dakwah digital.
Selain itu, kebutuhan akan aktualisasi diri sebagai seorang muslim ternyata sama pentingnya dengan dakwah itu sendiri. Buktinya, pengguna webmail MyQuran.com tercatat lebih dari 40 ribu anggota. Sebagian dari para anggota tersebut juga aktif di forum diskusi online di situs tersebut.

Manfaat melakukan dakwah virtual yaitu :
Nah, berikut ini adalah berbagai situs Islam yang bisa jadi tempat berselancar di dunia maya, tempat belajar sekaligus beribadah.

MyQuran.com
Jika rindu suara adzan dari Mekkah, atau alunan pembacaan Al-Qur’an, situs yang didirikan pada Juli 1999 ini bisa jadi tujuan.
Situs portal informasi Islam ini memiliki link yang dapat mengumandangkan adzan tersebut, juga mengalunkan pembacaan kitab suci Al-Qur’an lengkap 114 surah. Nah, ini sama saja dengan beribadah kan. Menurut Atmonadi, pendiri dan pemiliknya, pembuatan situs ini bertujuan meningkatkan daya saing umat Islam agar bisa lebih memberdayakan internet baik untuk kepentingan dakwah islamiyah, persaudaraan, pertukaran informasi dan pengetahuan, pendidikan, dan meningkatkan kesejahteraan dengan melakukan aktivitas ekonomi digital.
Modalnya awalnya kecil, cuma biaya untuk pembelian domain senilai US$ 70. “Modal yang terbesar adalah niat,” ujar Atmonadi. Tapi, manfaatnya tidak kecil. Dari data terakhir di September 2001, setiap hari rata-rata terdapat sekitar 2.381 unique visitor, 9.341 pageviews, dan hitrate mencapai lebih dari 71 ribu.
Atmonadi yakin umat Islam bisa secara positif memanfaatkan internet sebagai media dakwah, ukhuwah (pergaulan), pendidikan dan pendistribusian informasi. Juga diyakininya, jika komunitas tradisional Islam dapat memanfaatkan internet sebagai media dakwah akan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka. “Sekarang tinggal bagaimana para praktisi internet dapat mengenalkan internet secara benar kepada mereka,” ujarnya.

Ukhuwah.or.id
Situs ini awalnya untuk memenuhi kebutuhan komunikasi internal mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Jakarta. Setelah mengalami serangkaian pengembangan dan pembenahan, baru pada Februari 2000 situs ini dapat dinikmati masyarakat umum. Di dalam situs tersebut terdapat serangkaian link berita-berita terkini, dan fasilitas download file MP3 Nasyid Islami.
Menurut Herry, salah seorang pengurus Ukhuwah.or.id, situs tersebut diharapkan mampu memberikan penyadaran bagi umat Islam tentang pentingnya pemanfaatan teknologi informasi (TI) sebagai wadah berkumpul dan berkomunikasinya umat Islam. Modal awal pembuatan ini merupakan hasil swadaya dan sumbangan anggota.
Pengunjung situs tersebut per hari adalah sekitar 450 orang, dengan pageviews sekitar 1600 pages per hari dan hitrate sekitar 13 ribu hits perhari. Saat ini tim operasional terdiri dari kurang lebih 35 orang sukarelawan tanpa digaji. Kesediaan menjadi sukarelawan tersebut, menurut Herry, adalah karena berpatokan bahwa situs Ukhuwah.or.id memiliki nilai dakwah yang tinggi sekaligus sebagai penyebaran informasi tentang dunia Islam.
Menurut Herry, internet sangat efektif dan efisien sebagai media dakwah. Internet merupakan sarana komunikasi global dimana seluruh umat Islam di dunia dapat mengaksesnya dengan cukup mudah dan murah dibandingkan dengan media komunikasi lainnya.

MoslemWorld.co.id
Ini sebuah situs berita layaknya sebuah media berita online. Berita-berita yang ditampilkan di halaman depan situs tersebut selalu diupdate secara berkala. Menurut Mokh. Syaiful Bakhri, redaktur pelaksananya, situs tersebut diharapkan dapat menjadi referensi utama bukan hanya bagi umat Islam semata, namun juga bagi umat agama lain yang ingin belajar dan mendalami ajaran-ajaran Islam.
MoslemWorld.co.id didirikan pada Oktober 2000 oleh Ratiza Busiri bekerjasama dengan Dunia Muslim dari British Virgin Islands dan Safe-T-Net System Pte. Ltd, Singapura. Beberapa kanal yang tersedia, antara lain, informasi tentang komunitas, pendidikan, teknologi, bisnis dan berita internasional. Topik-topik Islam yang disajikan adalah kajian Islam, tokoh Islam, peradaban, nuansa muslimah dan sejarah Islam.
Saat ini, situs yang pageviews-nya 10 ribu pages perbulan sejak Agustus lalu, ditangani oleh tim multimedia yang terdiri dari creative writer, editor, web design dan web developer. Kompensasi yang diterima tim ini disesuaikan dengan standard profesional. Portal MoslemWorld.co.id di update setiap hari selama tiga kali yaitu pada jam 09.30, 11.30 dan 15.30.

IndoHalal.com
Tujuan situs ini, menurut salah satu pendirinya Jaja Triharja, untuk mensosialisasikan pentingnya produk halal kepada masyarakat luas, mendorong para produsen untuk mendapatkan sertifikat halal melalui lembaga auditor dan inspektor yang ada, serta menjadi mitra untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh berbagai jenis produk halal.[5]

5.      Sebutkan dan jelaskan empat dampak komputer dan sistem informasi terhadap kualitas dakwah!
Computer abuse, computer crime (computer fraud) dan computer-related crime dapat dilakukan dengan empat cara sebagai berikut:
·           Sistem informasi merupakan target dari kejahatan
Cara ini masuk ke dalam kategori computer abuse atau computer crime. Contohnya adalah komputer atau data menjadi target di curi atau dirusak.
·           Komputer menjadi alat untuk melakukan kejahatan
Cara ini masuk ke dalam kategori computer-related crime. Contohnya adalah menggunakan internet untuk membeli barang dengan kartu kredit curian. Yang menjadi target kejahatan untuk cara ini bukan sistem informasinya tetapi sistem informasi atau sistem komputernya digunakan untuk melakukan kejahatan.
·           Komputer digunakan untuk mengintimidasi
Cara ini termasuk ke dalam kategori computer abuse atau computer crime. Contohnya adalah pemrogram komputer mengancam akan merusak data atau peralatan komputer lainnya dengan cara menanamkan bom waktu logika (logic time bomb) dan akan diaktifkan jika pemrogram dipecat.
·           Komputer menjadi perantara untuk melakukan kejahatan
Cara ini termasuk ke dalam kategori computer abuse atau computer crime. Contohnya adalah dengan memasukkan data yang salah, misalnya nomor rekening nasabah yang salah, sehingga dapat menyesatkan orang di dalam perusahaan yang akan menggunakannya (misalnya mentransfer dana ke rekening yang sengaja salah ini).[6]

6.                       Apa yang dimaksud dengan LAN? Apa saja komponen dari LAN? Apa fungsi dari setiap komponen?
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.[7]
Local Area Network (LAN) adalah suatu network yang terbatas dalam jarak atau area setempat (lokal). Network ini banyak  digunakan  dalam satu perusahaan yang menghubungkan antara departemen-departemen dalam satu gedung. LAN berbeda dengan WAN, yaitu LAN dapat menggunakan kabel untuk transmisi datanya (sebagai link) sedang WAN masih perlu  menggunakan jalur-jalur  komunikasi  tambahan misalnya telepon, satelit, dan lain-lainnya. Biasanya topologi LAN adalah star network atau bus network.
Transmisi data dalam LAN punya kecepatan yang berbeda-beda dan dapat dikategorikan sebagai berikut:
a.    High speed network
High speed network adalah network yang mempunyai kapasitas transmisi data lebih besar dari 20 MBps (Mega Bit per second atau jita bir perdetik) yang biasanya diterapkan dalam LAN untuk mainframe computer  yang  besar, misalnya adalah Loosely Coupled Network (ControlData Coorporation).
b.             Medium Speed Network
Medium Speed Network adalah network dengan kapasitas transmisi data sekitar 1 MBps – 20 MBps yang biasanya diterapkan untuk mainframe computer yang kecil atau mini computer, misalnya adalah Ethernet dikembangkan oleh Xerox, kecepatan 1 MBps, memakai coaxial cable dan dapat menghubungkan sistem komputer Xerox dengan mesin copy Xerox dan dengan alat-alat yang lain dan ARC Net oleh Datapoint Coorporation.
c.              Low Speed PC network
Low Speed PC network adalah network dengan kapasitas transmisi data lebih kecil dari 1 MBps, biasanya diterapkan untuk personal computer, misalnya adalah Omnite dengan topologi bus network oleh Corvus System yang dapat menghubungkan komputer-komputer mikro berbagai merek untuk bersama-sama menggunakan hard disk dan peripheral device lainnya. Contoh lainnya adalah Constellation  oleh Corvus System yang mempunyai fungsi yang sama dengan Omnite tapi berbentuk star network.[8]

7.                  Jelaskan beberapa topologi jaringan yang utama!!!
Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih node (sumber-sumber daya) yang dihubungkan dengan jalur transmisi  (link) membentuk suatu sistem. Istilah node menunjukkan sumber-sumber daya seperti terminal, komputer, printer, dan lain sebagainya. Sedang istilah link menunjukkan media penghubungnya, misalnya kabel, microwave atau satelit. Bentuk dari jaringan (network) disebut dengan topoligy.[9]
1.    Topologi Bus

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYhmCVaglRH4pG05buTC6iSmDBKeNYdDQ0z-a6xyQY-m_VojcvM6Tu7OHs9cj4C049MZ8y7HkRz1S9rPO-VUGBeDdx2BxRVR0f1RkYD1tKIgHEEOt_fwi-Pq-EWwLvV9Orf6WYXAF4-ic/s320/topo1.gif

Pada topologi Bus, kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya. Topologi ini seringkali dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi. Instalasi jaringan .
Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. 
Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.).






2.      Topologi Star/Bintang

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnfws22Y5k4lhT5Oy80dbhm3DEgLGFkaeF65yoZFsfNMMBSbovB_CRmV8YoAUazaFUTns9NwvxdctLff5j5l3ZwS-m_WwuQUg0mTZytMEMAabvLgR-4vyC6Dpaxg0L3MridLt_7ydNVhQ/s320/topo2.jpg

Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.


Kelebihan
  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.



Kekurangan
  • Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.



3.      Topologi Ring/Cincin

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVOqqNyd2nGizo3ZdKAof-ohC3W61ie70nnlIRwHSbvM8p-TXmPPzW9YFPPnv4XmM-aD55t33wXjilIQ196NGHnWfl68wVVqXSYR5qeSsSOtctdCwa6b41f_nU3iHv7Hn464ml1mDArso/s320/topo3.gif

Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.







4.      Topologi Mesh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEiKQZlxJWf0yILz21tUzZ7pad5g5RDmSwgeYIG4qMNLAg9SEc9r8gdBGyU2tBOLfmSyN521ZpzWEuu-a8gJGbDVKKqXuX9jjYnthsC6maUPxLuZspDvtZqIgKttj70itgUPN7bdii9Sg/s320/topo4.gif


Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.












5.      Topologi Tree

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-6mhKzj1mHZAEpJyudmc61dQFQ2vk0ks3Lzd-k-bOZHMPLB1btSBVG9wVp5Ep3Qg5PqI3uuUUZOH4PmDNH0MTKP0poScw8oRB5kPVp5Mlcy52mlBykogEIEutunk9WGkH8z91fL0Qkks/s320/topo5.png

Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.

6.      Topologi Linier


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHEPmvJlvDkzvudhSSb1cW523HgGI3brP7v8lya88SUiX0l5bMw0TvId8BrGlPxQ_2RkNk_Wf4PfhEmuP9waFo7w3CDOWLL-Bq4SqDPRhhVjYrSxHQgBeJSEMjdRPKANoaneo2AOjWgNg/s320/topo6.jpg

Jaringan komputer dengan topologi linier biasa disebut dengan topologi linier bus, layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (komputer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator. Konektor yang digunakan bertipe BNC (British Naval Connector), sebenarnya BNC adalah nama konektor bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Coaxial Thinnet). Installasi dari topologi linier bus ini sangat sederhana dan murah tetapi maksimal terdiri dari 5-7 Komputer.

Tipe konektornya terdiri dari :
1.      BNC Kabel konektor —> Untuk menghubungkan kabel ke T konektor.
2.      BNC T konektor —> Untuk menghubungkan kabel ke komputer.
3.      BNC Barrel konektor —> Untuk menyambung 2 kabel BNC.
4.      BNC Terminator —> Untuk menandai akhir dari topologi bus.

Keuntungan dan kerugian dari jaringan komputer dengan topologi linier bus adalah :
·         Keuntungan, hemat kabel, layout kabel sederhana, mudah dikembangkan, tidak butuh kendali pusat, dan penambahan maupun pengurangan terminal dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan.
·         Kerugian, deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil, kepadatan lalu lintas tinggi, keamanan data kurang terjamin, kecepatan akan menurun bila jumlah pemakai bertambah, dan diperlukan Repeater untuk jarak jauh.[10]

8.        Jelaskan:
a.    Wide area network (WAN)
Wide area network (WAN) merupakan jaringan komputer yang melibatkan beberapa node  yang terpisah jauh yang dihubungkan dengan link. Link yang merupakan jalur komunikasi yang banyak dipakai oleh WAN umumnya adalah jalur khusus seperti misalnya leased line  atau dedicated line. Jalur khusus ini dapat disewa dari perusahaan telpon. Perusahaan telpon sendiri menyediakan jalur ini dengna menggunakan satelit atau dengan kabel optik. Jalur dari WAN juga banyak yang menggunakan VSAT (Very Small Aperture Terminal) yang menggunakan parabola mini (diameter sekitar 1 meter) untuk memancarkan data ke satelit. VSAT  dimungkinkan karena menggunakan teknologi frekuensi radio lebih tinggi (disebut dengan KU-band) dibandingkan dengan teknologi pemancar satelit sebelumnya (C-band), sehingga dimungkinkan menggunakan antena yang lebih kecil.[11]

b.    Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.[12]

c.    3G (third generation)
3G atau third generation adalah istilah yang digunakan untuk sistem komunikasi mobile generasi selanjutnya. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik dari apa yang ada sekarang, yaitu pelayanan suara,text dan data.
Jasa layanan yang diberikan oleh 3G ini adalah Jasa pelayanan Video, akses ke multimedia dan mobile Internet kecepatan tinggi, adalah beberapa kemungkinan yang akan didapat oleh konsumen pada masa yang akan datang. Sistem 3rd Generation akan memperbesar kemungkinan2 pada sistem komunikasi dan informasi.
Keuntungan utama adalah sistem ini akan menawarkan pelayanan dengan kapabilitas high-end, yang mana termasuk peningkatan kapasitas, kualitas dan data rate dari apa yang ada sekarang. Juga akan dapat melakukan pemakaian serentak dari beberapa jasa pelayanan.
Sistem 3rd Generation juga akan menjembatani celah yang ada antara dunia wireless dan dunia computer/internet.[13]

Sejarah singkat 3G

3G adalah hasil dari spesifikasi yang diinginkan oleh IMT-2000 (International Mobile Telecommunication – 2000) ITU (International Telecommunication Union). 3G diharapkan merupakan satu teknologi standar yang digunakan oleh seluruh dunia, akan tetapi pada kenyataannya 3G terbagi menjadi 3 kubu.

3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology atau biasa dibaca: triji. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMYnyMJIlAyoxxKXs0qYgAqis7KQ7smjGhDX6D8boF1E4zgKYDyPy-gRIRqB9aFIPsP43qGyUlszH-HvFIYd4J0OxuzM4LuT60-LCRb8yBhfyEktqJhIVoC06s6mutTxoLcieWP4mL2_s/s400/3g-inf.gif

Sebagaimana dikutip oleh FCC, yang mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:
* Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
* Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
*
     Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.

Teknologi 3G yang ada saat ini:
* UMTS (W-CDMA). UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) dikembangkan oleh Eropa dan Jepang.
* CDMA2000. Digunakan dan dikembangkan oleh Amerika.
* TD-SCDMA. Sedang dalam pengembangan oleh RRC.

Mengapa 3G?
* Sistem 3G dibutuhkan untuk memberikan layanan bit rate tinggi yang memungkinkan gambar dan video dengan kualitas tinggi dikirim dan diterima melalui wireless network.
*  3G juga diharapkan untuk memberikan akses ke internet dengan bit rate yang tinggi pula.




Karakteristik 3G
* Layanan suara dan data dengan bit rate tinggi, termasuk layanan multimedia.
* Packet-switch.
* Campuran dari berbagai layanan
* Enhanced Multiple Access Techniques.
* Pola modulasi dengan efisiensi yang tinggi.
* Bisa berdampingan dengan 2G.

Kendala-kendala dalam pengaplikasian 3G
* Mendefinisikan teknologi yang akan dipakai
* Daerah yang akan diimplentasikan
* Hambatan pada implementasi global
* Siapa yang akan diuntungkan
* Keuntungan apa yang akan diperoleh

Evolusi 3G dan Perencanaan Jaringan (Network Planning)
Perancangan Jaringan (Network Planning) adalah suatu langkah-langkah yang digunakan untuk menghasilkan suatu jaringan yang optimal dengan tetap memenuhi kapasitas dan cakupan yang diinginkan oleh penyedia layanan telekomunikasi. 3G haruslah menjadi pelengkap 2G, bukan pengganti ataupun menjadi layanan utama yang berdiri sendiri.[14]

d.   MODEM
Umumnya jalur transmisi menyalurkan data dalam bentuk data analog, sedang data yang dihasilkan oleh sumber pengiriman berbentuk data digital. Suatu modem (modulator-demodulator) atau disebut juga data set diperlukan untuk mengubah data dari bentuk digital ke bentuk analog.
Data yang sudah diubah ke bentuk analog oleh modem kemudian ditransmisi dan diterima oleh modem kedua yang akan mengubah kembali dari betuk analog menjadi bentuk digital kembali.jadi modem yang pertama yang ada disumber pengirim berfungsi sebagai pengubah (modulate) dari bentuk digital ke bentuk analog, sedang modem kedua yang berada di penerima berfungsi untuk mengembalikan (demodulate) dari bentuk analog menjadi bentuk digital.
Tipe khusus dari modem yang disebut dengan acoustic coupler dapat digunakan untuk mengubah sinyal digital yang berasal dari terminal menjadi nada suara yang akan ditransmisikan lewat jalur telepon. Jika digunakan acoustic cuopler, pemakai komputer harus memutar nomor telepon tujuan dan meletakkan gagang pegangan pesawat telepon pada acoustic cuopler, sedang modem dapat memutarkan nomor telepon tujuan secara otomatis.[15]

Jenis Modem
1.      Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
2.       Modem ADSL
3.       Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
4.      Modem CDMA
5.      Modem 3GP
6.       Modem GSM



Fungsi Modem
Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan jugan sebaliknya. Dewasa ini modem telah berkembang dengan berbagai fasilitas yang cukup bermanfaat, misalnya voice modem. Dengan adanya fasilitas voice modem ini, merubah fungsi modem
bukan hanya sebagai penyambung ke internet tetapi lebih dari itu, modem dapat menjadi s
aluran radio, audio, percakapan telepon sampai streaming video. Malah saat ini sudah banyak modem yang mempunyai fasilitas yang dapat menjadi sebagai mesin penjawab telepon dan perekam
suara.
Selain itu modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem. Fax modem ini bekerja seperti faksimil, dengan sebuah software yang dirancang khusus, dapat mengubah modem menjadi sebuah mesin faksimil, dimana modem merubah dokumen digital menjadi sinyal analog
dan dibangkitkan kembali menjadi file gambar jika yang menerima kembali adalah fax modem atau menjadi dokumen tercetak jika yang menerima adalah mesin faksimil.
[16]

9.        Mengapa sistem komputer begitu banyak kelemahannya? Jelaskan ancaman yang paling sering menyerang sistem informasi sekarang ini!
Sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Tanpa perangkat lunak, perangkat keras hanya berfungsi  sebagai benda metal saja yang tidak dapat mengerjakan sesuatu. Tanpa perangkat keras, perangkat lunak hanya merupakan kode-kode komputer saja yang tidak dapat mengerjakan perangkat kerasnya. Oleh karena itu, perangkat keras dan perangkat lunak harus bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem, yaitu sistem komputer.

Ancaman atau gangguan terhadap sistem informasi
Gangguan-gangguan terhadap sistem informasi dapat dilakukan secara tidak sengaja atau secara sengaja. Gangguan-gangguan terhadap sistem informasi dapat dilakukan secara tidak sengaja dapat terjadi karena kesalahan-kesalahan teknis (technical errors), gangguan-gangguan lingkungan (environmental hazards) dan karena kesalahan-kesalahan manusia (human errors).
Kesalahan-kesalahan teknis terjadi karena kesalahan-kesalahan yang disebabkan oleh permasalahan-permasalahan perangkat kerasnya (hardware problems) dan karena kesalahan di dalam penulisan sintak, dan kesalahan logika perangkat lunaknya.  Gangguan-gangguan lingkungan (environmental hazards) dapat berupa gempa bumi, kegagalan arus listrik karena petir, api, temperatur tinggi, debu, air, karena banjir, angin ribut.  Dan kesalahan-kesalahan manusia (human errors) yang tidak disengaja dapat terjadi karena misalnya memasukkan data yang salah, mengoperasikan program dan basis data yang salah, menghapus data secara tidak sengaja dan lain sebagainya.[17]

10.    Apa yang disebut malware? Sebutkan perbedaan antara  virus, worm, dan trojan!

Malware Berasal dari kata malicious software yang artinya perangkat kotor. Malware adalah sebuah program komputer yang di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya tanpa meminta persetujuan dari pengguna computer dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system
.
Perbedaan-perbedaan antara:
a.         Virus adalah suatu segmen dari kode-kode bahasa mesin yang kecil yang melekat ke dalam program komputer lainnya yang akan menginfeksi program lainnya. Dengan menginfeksi berarti virus akan berkembang biak menular dengan menempel ke program yang lainnya. Pada tahun 1988, sebuah virus masuk ke dalam sistem komputer di departemen pertahanan Amerika Serikat yang dihubungkan dengan sistem-sistem komputer perguruan-perguruan tinggi. Virus ini diimplantasi oleh seorang mahasiswa tingkat master dari Cornell University. Virus ini tidak merusak data tetapi berkembang biak dengan memakai memori komputer yang ada membuat proses program berjalan dengan lambat. Akhirnya mahasiswa ini tertangkap dan dijatuhi hukuman karena tindakan kriminalnya.[18]
b.         Worm adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri. Hebatnya lagi, Worm bisa saja tidak memerlukan bantuan orang untuk penyebarannya. Melalui jaringan, Worm bisa berkembang di computer - komputer yang terhubung dalam suatu kerapuhan dari suatu system, biasanya system operasi. Setelah masuk ke dalam suatu computer, worm memodifikasi beberapa pengaturan di system operasi agar tetap hidup. Minimal, ia memasukkan diri dalam proses boot suatu computer. Lainnya, mungkin mematikan akses ke situs antivirus, menonaktifkan fitur keamanan di system, dan tindakan lainnya.
adalah suatu program tersendiri bukan suatu bagian segmen dari suatu program yang bersembunyi di dalam program lainnya. Suatu worm akan melipat gandakan dirinya sendiri dengan cepat dan menyebar ke program lainnya. Contoh worm yang terkenal adalah yang ditulis oleh Robert Tappan Morris yang menyebar ke dalam internet dalam waktu cepat dan menginfeksi 6000 komputer termasuk  komputer sistem di Berkeley Universuty.
c.         Trojan adalah malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, yang menyelamatkan, padahal di balik itu, ia merusak. Trojan ini bisa ditunggangu oleh malware lain seperti seperti virus, worm, spyware. Trojan dapat digunakan untuk menyebarkan atau mengaktifkan mereka.[19]


11.    Apa keuntungan menggunakan sebuah sistem informasi pada dakwah?
Keuntungan dari menggunakan sebuah sistem informasi pada dakwah adalah sebagai berikut:

a.       Menganalisis persoalan
b.      Lebih matang dalam menghadapi tantangan dakwah intern dan ekstern
c.       Membuat program dakwah
d.      Dan dengan menggunakan sistem informasi kita bisa meramalkan kondisi umat
e.       Meningkatkan pelayanan umat

12.    Cari sebuah model sistem informasi dakwah dan buat deskripsinya!
Berikut ini adalah model sistem informasi dakwah


 








Dengan adanya sistem informasi kita bisa membuat program dakwah dan juga bisa meramalkan kondisi umat jaman sekarang. Sistem informasi bisa menjangkau kondisi umat yang jauh dari pandangan kita tanpa perlu datang ke lokasi itu. Kemudian dari sistem informasi itu melahirkan solusi dakwah, solusi apa yang akan kita lakukan untuk meningkatkan pelayanan umat. Maka dengan adanya sistem informasi pelayanan dakwah kita bisa lebih ditingkatkan.
Solusi dakwah ini gunanya untuk menyelesaikan persoalan dakwah seperti tantangan dakwah dari intern dan ekstern. Untuk menyelesaikan persoalan dari intern dan ektern, maka sistem informasi bisa mengatasinya yaitu dengan cara menajemen (menganalisis persoalan), organisasi (merancang ulang  proses dakwah), dan teknologi (memanfaatkan peranti lunak).
Dengan menggunakan ketiga kategori itu (manajemen, organisasi, dan teknologi) maka proses dakwah akan semakin mudah dan bisa menyelesaikan permasalaha-permasalahan umat sekarang iniyang semakin merajalela. Semakin banyak model yang digunakan maka semakin cepat juga permasalahan akan terselesaikan.

13.    Apa saja karakteristik DSS? Apa perbedaan DSS dan ESS?

a.       Definisi DSS

1.        Menurut Mann dan Watson, Sistem Penunjang Keputusan adalah Sistem yang interaktif, membantu pengambilan keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah-masalah yang sifatnya semi terstruktur dan tidak terstruktur.
2.        Menurut Maryam Alavi dan H.Albert Napier, Sistem Penunjang Keputusan adalah suatu kumpulan prosedur pemprosesan data dan informasi yang berorientasi pada penggunaan model untuk menghasilkan berbagai jawaban yang dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan.
3.        Menurut Litle, Sistem Penunjang Keputusan adalah suatu sistem informasi berbasis komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur atupun tidak terstruktur dengan menggunakan data dan model.
4.        Menurut Raymond McLeod, Sistem Penunjang Keputusan adalah sistem penghasil informasi spesifik yang ditujukan untuk memecahkan suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer pada berbagai tingkatan.
Secara Umum, DSS adalah Sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan baik kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah semi terstruktur.
Secara Khusus, DSS adalah Sebuah sistem yang mendukung kerja seorang manajer maupun sekelompok manajer dalam memecahkan masalah semi-terstruktur dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputusan tertentu.

Kata Kunci DSS:
1.    Suatu sistem informasi spesifik yang ditujukan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan persoalan yang bersifat semi terstruktur dengan memiliki fasilitas untuk menghasilkan berbagai alternatif yang secara interaktif dapat digunakan oleh pemakai.
2.    Penggunaan model sebagai dasar pengembangan alternatif yang berkaitan dengan sifat permasalahan yang harus dipecahkan yaitu semi terstruktur atau bahkan tidak terstruktur.
3.    Pemanfaatan komputer sebagai motor penggeraknya (computer based systems).


b.             Karakteristik DSS:
1.      DSS dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang bersifat semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.
2.      Dalam proses pengolahannya, DSS mengkombinasikan penggunaan model-model/teknik-teknik analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.
3.      DSS dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi.
4.      DSS dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi, sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

Manfaat DSS:
1.      DSS memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data/informasi bagi pemakainya.
2.      DSS membantu pengambil keputusan dalam penghematan waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah.
3.      DSS dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
4.      DSS mampu menyajikan berbagai alternatif.
5.      DSS dapat menyediakan bukti tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga dapat memperkuat posisi pengambil keputusan.

Keterbatasan DSS:
1.      Beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan.
2.      Kemampuan terbatas pada pembendaharaan pengetahuan yang dimilikinya.
3.      Proses tergantung pada peragkat lunak yang digunakan.
4.      Tidak memiliki kemampuan intuisi (berpikir) seperti pada manusia.[20]

c.         Perbedaan Decision Support Systems (DSS) dan Executive Information Systems (ESS) yaitu:

Sistem Informasi Eksekutif (SIE) atau Executive Information Systems (ESS)
Sistem Penunjang Keputusan (SPK) atau Decision Support Systems (DSS)
-            Berada di level atas atau level stratejik
-            Digunakan oleh manajer atas
-            Untuk keputusan tidak terstruktur
-            Untuk permasalahan-permasalahan perencanaan dan perumusan stratejik
-            Kurang menggunakan model-model analitikal
-            Banyak menggunakan data eksternal.
-         Berada di level menengah atau level taktis
-         Lebih digunakan oleh manajer menengah
-         Untuk keputusan semi terstruktur
-         Untuk membantu permasalahan-permasalahan tertentu
-         Lebih menggunakan model analitikal
-         Lebih banyak menggunakan data internal.

SPK lebih berfokus kepada permasalahan khusus di level menengah, sedang SIE lebih berfokus pada permasalahan-permasalahan umum ditingkat atas atau tingkat stratejik. Permasalahan-permasalahan umum yang dihadapi oleh manajer atas adalah permasalahan-permasalahan perencanaan stratejik dan perumusan stratejik. Permasalahan-permasalahan ini misalnya adalah permasalahan-permasalahan tentang arah bisnis yang akan di lakukan di masa depan, posisi kompetitor dan bagaimana mengatasinya, perlu tidak ekspansi bisnis dan lainnya.[21]


[2] Jogiyanto HM,  Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 33
[3] Ibid., hlm. 542 - 554
[6] Jogiyanto HM,  Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 538
[8] Jogiyanto HM, , Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 199 - 200
[9] Ibid., hlm. 195
[11] Jogiyanto HM,  Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 201 - 202
[15] Jogiyanto HM,  Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 188
[16] http://blog.uin-malang.ac.id/bakhtiar/2010/08/26/pengertian-modem/ 30-12-2010

[17] Jogiyanto HM,  Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 536 - 537
[18] Ibid., hlm. 540
[21] Jogiyanto HM,  Sistem Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005 ) hlm. 340

0 komentar:

Posting Komentar